-->

Sunday, August 17, 2014

Mengenal Bisnis Intelijen



Analitical Competitive Stategy Bussines
Apa tujuan kinerja spesifik bisnis? apakah  bisnis memiliki tujuan pangsa pasar ? apakah optimasi biaya dibutuhkan untuk mencapai target bisnis? Bagaimana cara mengukur kinerja bisnis? Seberapa sering pengukuran kinerja  bisnis dilakukan ? seberapa cepat  mendeteksi dan merespon kecepatan perubahan  pasar pada bisnis yang dikelola? Bagaimana mengukur strategi tujuan dan penentuan kebijakan bisnis? 
Membuat  keputusan bisnis lebih baik dengan alat analisis berkinerja tinggi  bisnis intelijen (Bussines Intelligence).
Definisi Bisnis Intelijen (BI)  adalah aplikasi dan teknologi untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis dan akses data untuk membantu pengguna perusahaan membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Bisnis Intelijen (BI) memiliki Tugas-tugas penting untuk analisa bisnis. Diantara tugas-tugas yang dilakukan BI memiliki tugas pokok yang harus dilakukan antara lain : 
5 Tugas Bisnis Intelijen (BI)
4  Tujuan  Bisnis Intelijen (BI)
  1. Strategi Manajemen Bisnis dan Score Card
  2. Membuat kepustusan bisnis yang baik berdasarkan informasi akurat dan terkini
  3. Alat analisa data bisnis
  4. Query Analisa data
Ada banyak aplikasi BI yang ada pada saat ini baik secara gratis maupun berbayar.
5 aplikasi popoler Bisnis Intelijen
  1. Google Analitic
  2. Orecle Bussines Intelligence
  3. SAP Bussines Object BI
  4. Microsoft SQL Server
  5. Jaspersoft Bussines Intelligence
Dalam  BI ada beberapa konsep dasar sebelum melakukan implementasi . Untuk mewujudkan BI berjalan dengan sebagaimana diharapkan maka, ada beberapa point penting!
point dasar penerepan Bisnis Intelijen
  1. Nilai penemuan
  2. Strategi Teknologi
  3. Stategi manajemen Informasi
  4. Bukti konsep
  5. Analitic-as-service   
Contoh penerapan Bisnis intelijen secera sederhana dapat dilakukan untuk mengetahui perilaku konsumen  pada aplikasi CRM (Customer Relationship Management).
penerapan bussines intellegence CRM(Customer Relationship Management))
sumber gambar www.theonepoint.co.uk
CRM sebagai solusi untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas penjualan dan prapenjualan dalam bisnis. 
CRM memiliki hal-hal yang berhubungan dengan pelanggan dan calon pelanggan saat ini dalam sebuah perusahaan.
5 aspek-aspek CRM
  1. Pusat panggilan
  2. Tenaga penjualan
  3. Pemasaran
  4. Support
  5. Onsite Support
 

No comments: