Apa tujuan kinerja spesifik bisnis? apakah bisnis memiliki tujuan pangsa pasar ? apakah optimasi
biaya dibutuhkan untuk mencapai target bisnis? Bagaimana cara mengukur kinerja bisnis?
Seberapa sering pengukuran kinerja bisnis dilakukan ? seberapa cepat mendeteksi dan merespon kecepatan perubahan pasar pada bisnis yang dikelola? Bagaimana mengukur
strategi tujuan dan penentuan kebijakan bisnis?
Membuat
keputusan bisnis lebih baik dengan alat
analisis berkinerja tinggi bisnis
intelijen (Bussines Intelligence).
Definisi Bisnis Intelijen (BI) adalah aplikasi dan teknologi untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis dan akses data untuk membantu pengguna perusahaan membuat keputusan bisnis yang lebih baik.
Bisnis Intelijen (BI) memiliki Tugas-tugas penting untuk analisa bisnis. Diantara tugas-tugas yang dilakukan BI memiliki tugas pokok yang harus dilakukan antara lain :
5 Tugas Bisnis Intelijen (BI)
- Sistem Pendukung Keputusan
- Pengolahan anasisis online OLAP (Online Analitical Processing
- Analisis statistik
- Peramalan dan Data Mining
- Permintaan dan pelaporan
4 Tujuan Bisnis Intelijen (BI)
- Strategi Manajemen Bisnis dan Score Card
- Membuat kepustusan bisnis yang baik berdasarkan informasi akurat dan terkini
- Alat analisa data bisnis
- Query Analisa data
Ada banyak aplikasi BI yang ada pada saat ini
baik secara gratis maupun berbayar.
5 aplikasi popoler Bisnis Intelijen
- Google Analitic
- Orecle Bussines Intelligence
- SAP Bussines Object BI
- Microsoft SQL Server
- Jaspersoft Bussines Intelligence
Dalam BI ada
beberapa konsep dasar sebelum melakukan implementasi . Untuk mewujudkan
BI berjalan dengan sebagaimana diharapkan maka, ada beberapa
point penting!
5 point dasar
penerepan Bisnis Intelijen
- Nilai penemuan
- Strategi Teknologi
- Stategi manajemen Informasi
- Bukti konsep
- Analitic-as-service
Contoh penerapan Bisnis intelijen secera sederhana dapat
dilakukan untuk mengetahui perilaku konsumen pada aplikasi CRM (Customer Relationship Management).
sumber gambar www.theonepoint.co.uk |
CRM sebagai solusi untuk merencanakan, menjadwalkan, dan
mengendalikan aktivitas penjualan dan prapenjualan dalam bisnis.
CRM memiliki
hal-hal yang berhubungan dengan pelanggan dan calon pelanggan saat ini dalam
sebuah perusahaan.
5 aspek-aspek CRM
- Pusat panggilan
- Tenaga penjualan
- Pemasaran
- Support
- Onsite Support
No comments:
Post a Comment