Metode Servqual
Metode algoritma servqual dikembangkan oleh Zeithaml, Berry dan parasunarman. Dalam serangkain
penelitian terhadap sektor usaha jasa. Kualitas jasa merupakan “penilaian yang
berkenaan dengan superioritas suatu jasa”(Para Sunarman et al,1985).kualitas
jasa lebih sukar dievaluasi dari pada kualitas suatu barang, kualitas jasa
merupakan hasil perbandingan atau Gap antara harapan pelanggan dengan kinerja
aktual jasa, evaluasi kualitas dilakukan atas hasil jasa dan proses penyampaian
jasa.
Pengukuran Servqual
Pengukuran metode servqual
didasarkan pada skala multi item yang telah dirancang untuk mengukur besar
harapan dan persepsi sebagai pelanggan. Serta Gap diantar keduanya pada 5
dimensi kualitas jasa yaitu (Reliability, daya tanggap, jaminan, Empati dan
bukti fisik), diminsi-dimensi tersebut dijabarkan dalam beberapa pertanyaan
untuk atribut harapan dengan dan variabel persepsi berdasarkan skala likert.
Cara Perhitungan Skor metode algoritma Servqual
langkah untuk melaksanakan
pengukuran kualitas layanan menggunakan metode Servqual, yaitu
SKOR SERVQUAL = SKOR
PERSEPSI — SKOR HARAPAN
(P1+P2+P3+P4+P5/5)
– (H1+H2+h3+H4+H5/5)
P
merupakan Persepsi H merupakan harapan
Setelah
skor metode Servqual telah tersusun langkah selanjutnya adalah menganalisis kualitas
pealayan jasa yang telah diberikan dengan menggunakan rumus bester field
1 comment:
tolong contoh koding nya bang
Post a Comment