-->

Tuesday, May 20, 2014

Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dalam bisnis Jasa

Semakin menjamurnya bisnis jasa dari waktu-kewaktu, mengakibatkan persaingan usaha bidang jasa semakin ketat. Ada beberapa contoh bisnis jasa 6 diantaranya:
  1. Bengkel Mobil
  2. Rent Car, 
  3. Salon Mobil
  4. Laundry
  5. Agen perjalanan
  6. Jasa pengiriman Barang dan Logistik.
Setiap pelaku usaha jasa melakukan bebagai metode untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh para pelanggan. Ada cara-cara yang  biasa digunakan pelaku usaha menjual jasanya sedikitnya ada 4 usaha untuk menarik minat pelanggan jasa diantaranya: 
  1. Memberikan  potongan harga yang besar
  2. Layanan Ambil Antar 
  3. Biaya Jasa gratis
  4. Memberikan fasilitas harga member
Semua itu dilakukan sebagai strategi menarik minat pelanggan supaya menggunakan jasa yang ditawarkan, setelah cara menarik minat pelanggan diatas dilakukan langkah yang wajib dilakukan adalah mengetahui tinggat kepuasan pelanggan terhadap bisnis jasa yang telah diberikan kepada pelanggan.Bisnis jasa merupakan sektor bisnis yang mengedepankan kualitas pelayanan yang telah diberikan sehingga tercipta hubungan timbal balik antara pelaku usaha dengan pelanggan sehingga pelanggan merasa puas dengan jasa yang diterima.

Seberapa puaskah pelanggan dengan jasa yang diterima? Semakin meningkatnya kepuasan pelanggan dapat semakin meningkat pula omset jasa tersebut sebab pelanggan percaya dengan jasa yang telah diberikan. Apa Pengaruh kinerja pelayanan terhadap kepuasan pelanggan ? ada beberapa hal yang dapat berdampak langsung dari kinerja pelayanan terhadap kepuasan pelanggan 4 diantaranya:
  1. membuat pelanggan semakin nyaman
  2. tidak kuatir
  3. percaya dan betah dengan jasa yang telah dia terima 
  4. kemungkinan terbesar dia akan  mereferensikan kepada teman-temannya
hal yang sangat wajar sifat manusia, begitu juga dampak sebaliknya jika tingkat kepuasan konsumen diabaikan maka secara sendirinya dia tidak mau mereferensikan jasa yang dia terima, bahkan kecewa ataupun tidak kembali lagi.
Berbagai penelitian telah dikembangkan sebagai upaya mengetahui keinginan dan harapan para pelanggan. Zeithaml, Berry dan parasunarman(1985) telah berhasil menemukan  5 cara meningkatkan  kepuasan pelanggan dalam bisnis jasa diantaranya :
1.      Tangible (Hal Yang Nampak)
Hal-hal yang kasat meliputi penampilan keadaan lokasi tempat usaha diantaranya rapi,bersih,teratur,perlengkapan dan sarana komunikasi
2.      Reliability (kehandalan)
Yaitu kualitas pelayanan yang prima sesuai dengan harapan cepat, dan memuaskan
3.      Resposivenes (Daya Tanggap)
Yaitu sigap dalam melayani pelanggan, sehingga pelanggan tidak merasa dabaikan 
4.      Assurance (Jaminan)
Yaitu Kekasnggupan ganti rugi jika tercadi cacat atau rusak terhadap barang pelanggan, pengalaman dan kemampuan   
5.      Emphaty (Empati)
Yaitu memahami kebutuhan pelanggan, menciptakan hubungan baik kepada pelanggan

cara diatas semata mata digunakan sebagai bentuk respon pelaku usaha jasa untuk meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan sehingga pelanggan tidak lari ketemoat lain. semoga referensi ini dapat menjadi strategi meningkatkan kepuasan pelanggan pada usaha dalam bidang jasa

No comments: