-->

Thursday, June 12, 2014

FUNGSI DESKRIPSI DATA MINING


Arti Fungsi Deskripsi Data Mining

Mengenal fungsi deskripsi pada Data Mining,  Apa fungsi deskripsi data mining itu?. Definisi fungsi deskripsi data mining adalah suatu model teori pembelajaran mesin yang digunakan sebagai penggali pengetahuan karakteristik pola data sebagai proses tranformasi data menjadi suatu bentuk ringkasan informasi data secara rinci. Lalu apa tujuan dari metode deskripsi data mining ini ?. jadi, Tujuan fungsi deskripsi digunakan sebagai salah satu bentuk teknik pembelajaran mesin sehingga, mesin mampu menyajikan  penjelasan  hasil analisa dalam bentuk ringkasan informasi secara rinci dan mudah dimengerti manusia.
contoh analisis fungsi deskriptif data pada data mining
Fungsi deskriptif Data Mining("image edit from search engine journal)
Lantas,  apa manfaat metode analisis deskripsif data mining tersebut?. Sebagai manfaat dari teknik analisis  pola data ini dimungkinkan bahwa, fungsi deskripsi data mining mampu menghasilkan data-data informatif sebagai media penerangan suatu keadaan karakteristik data dan perbandigan. Data infomasi deskriptif dari penerapan fungsi deskripsi disajikan dalam bilangan angka numerik, dalam bidang ekonomi bisnis hasil ini disebut dengan hasilpenelitian kuantitatif dalam bentuk data statistika. Pertanyaan terakir, bagaimana cara melakukan proses pembelajaran mesin deskriptif data ini ?. Ada beberapa teknik  menghasilkan rangkuman “summary” data pada penerapan fungsi deskripsif ini. Sedikitnya ada 4 teknik mendapatkan ringkasan data.

4  Metode  Mendapatkan summary Data

Empat dari teknik summary data pada fungsi deskripsi data mining adalah:  
1. Menampilakn Kumpulan data dalam bentuk diagram titik atau garis
contoh Diagram Garis data mining
Diagram garis Data Mining
Contoh Gambar diagram titik diatas merupakan data Google Analitic untuk mengetahui deskripsi data trafik pengunjung situs website dari waktu-kewaktu dalam bentuk grafis yang bertujuan untuk mengetahui gambaran aliran penunjung dalam sebuah web mengalami peningkatan atau penurunan pengunjung sehingga mampermudah dalam monitoring pengunjung situs Internet.
2.Menampilkan kumpulan data dalam bentuk histogram
Sample Histogram data mining
Histogram data Mining
Gambar data histogram diatas merupakan suatu tampilan grafis frekuansi halaman web yang diakses padaBlogger Sehingga bisa dimanfaatkan untuk menentukan halaman web untuk analisa posisi Page Rank sebuah situs web
3.Mencari Lokasi pusat Dari Kumpulan Data
Lokasi data pada fungsi data mining deskripsi dalam bentuk angka yang dilakukan dengan sebuah perhitungan matematik statistika ( mean, median, modus, kuartil, persentil).
contoh penggunaan pencarian lokasi deskripsi pusat datadata mining
lokasi pusat data mining
contoh lokasi pusat data pada data mining

Gambar Google Analitic diatas merupakan contoh untuk menunjukan lokasi data rata-rata atau mean per- satuan waktu kunjungan sebuah web
4. Keberagaman Kumpulan Data Pada Data Mining
semakin banyak data yang digali semakin beragam karakteristik kumpulan data, untuk mencari keberagaman data bisa menggunakan perhitungan rumus deskripsi data mining yang diadopsi dari rumus matematika statistika Range, varians, Standart deviasi
contoh dari keberagaman kumpulan data dalam data mining
contoh gambar keragaman data data mining
Keberagaman Kumpulan Data Pada Data mining

Kesimpulan : 

  1. Fungsi Deskripsi data mining bisa dipergunakan untuk menggali hasil penelitian yang melibatkan data yang sangat besar untuk dijadikan ringkasan temuan fakta-fakta yang belum pernah diketahui secara spesifik salah satu contoh "Google Analitic"
  2. Fungsi deskripsi data mining lebih tepat digunakan unuk analisa suatu histori data yang akan dianalisa contoh untuk analisa Riset Pasar untuk sales Marketing
  3. Fungsi data mining dsekripsi merupakan perpaduan atara disiplin ilmu komputer dan matematik
    Statistika yang digunakan mengungkap data penelitian
Algoritma fungsi deskripsi data mining  dimaksudkan untuk mengetahui sifat-sifat dari bongkahan data penelitian 
Fungsi deskripsi data mining Session 1 masih membahas contoh hasil pengolahan terasa kurang jika tidak diimplementiskan dalam alur perhitungan dan code program.
"Source code program Fungsi deskripsi data mining" versi prototipe  dibahas pada artikel tersendiri.
Pembahasan Fungsi-Fungsi Algoritma Data Mining selanjutnya : 
 


1 comment:

Anonymous said...

Mantap kalau bisa dikasih alur nya dituggu