-->

Monday, June 23, 2014

Sistem Pendukung Keputusan


DSS(Decission Support System)

Keputusan merupakan cara memutuskan suatu masalah yang spesifik untuk menemukan solusi terbaik diantara solusi-solusi permasalahan yang baik. Ada 3 faktor penting!  pendukung keputusan final tepat, akurat, dan cermat. Pada proses pengambilan keputusan bervariasi bergantung  keadaan, jenis masalah yang ingin dipecahkan dan karakteristik masalah.Beberapa orang secara alami cenderung menghabiskan lebih banyak waktu meneliti untuk menemukan jawaban terbaik ketika dihadapkan dengan keputusan.

Ketika seorang memutuskan sebuah keputusan dibutuhkan data sumber yang akurat yang dapat dipertanggungjawabkan nilai kebenaranya. Siapa yang  berhubungan langsung dengan pengambilan keputusan ? Dapatkah seorang mengambil suatu keputusan tanpa faktor-faktor pendukung untuk memutuskan suatu keputusan? Bagaimana cara mendapatkan data-data yang akurat untuk pendukung keputusan? Berapa lama waktu seorang pimpinan memberikan suatu keputusan?  Bagaimana cara mengolah data untuk  pendukung keputusan menjadi sebuah informasi yang berhaga? 

Suatu keputusan berhubungan langsung dengan hal-hal yang menejerial suatu contoh CEO  perusahaan, Manager Marketing, kepala HRD human research development” .Seorang pimpinan menggunakan kapasitasnya untuk, menentukan langkah meliputi evaluasi hasil, target dan omset, prediksi waktu akan datang sehingga, setiap kebijakan yang akan diambil harus mempunyai bukti data sumber yang akurat.

Semakin banyak "faktor pendukung keputusan", maka semakin akurat keputusan yang diambil. Teknologi komputasi dapat dijadikan sebagai alat bantu untuk, mengolah data-data pendukung keputusan multi kriteria, dengan analisa data secara mendalam. Membangun  sistem  pendukung keputusan dengan teknologi komputer dapat membantu pengambilan keputusan para pengambil kebijakan.
4 Tujuan membangun Sistem pendukung keputusan dalam menentukan sebuah keputusan.
  • Mendukung “support” pembuatan  keputusan
  • Meningkatkan Efektifitas pengambilan keputusan
  • Dapat digunakan memecahkan masalah multi kriteria
  • Meningkatkan nilai akurasi data hasil keputusan
3 manfaat dari Sistem pendukung keputusan
  • Memecahkan masalah dengan permodelan matematis multi kriteria
  • Menghasilkan data dalam bentuk grafik dan diagram
  • Kecepatan watu proses untuk memberikan solusi masalah
Membangun Sistem pendukung keputusan berbasis komputer membutuhkan, pengetahuan metode algoritma untuk membuat permodelan analisa data secara mendalam.
 6 Metode Algoritma Pendukung Keputusan yang populer
  1. Data Mining 
  2. Metode AHP(Analitic Herarcy Proses)
  3. Metode ANP(Analitic Network Proses)
  4. Metode Servsequal (Service Quality)
  5. Metode Regresi linier
  6. Metode Topsis
  7. Metode Profil Maching
Selain menggunakan metode algoritma membangun sistem pendukung keputusan dapat dilakukan dengan menggunakan sistem cerdas

Sistem

sistem adalah suatu cara atau metode yang disusun secara sitematis baik melalui temuan, fakta-fakta yang diolah secara komputer maupun secara manual atau bahkan data-data diolah dengan menggunakan permodelan matematis dan statistik dengan alat bantu perhitungan mesin komputer.Sistem merupakan alat bantu mengidentifikasi dan merepresentasikan fakta-fakta sebagai data pendukung untuk menunjang keputusan akir yang akan diterapkan. Dengan adanya sebuah sistem maka diharapkan mampu mempercepat hasil proses analisa dengan tingkat akurasi data presisi tinggi sebagai faktor pendukung kebijakan dapat dilaksanakan.  



Maka sistem diupayakan untuk dapat menjadi fator pendukung untuk pengambilan keputusan manajemen dengan melihat dari kejadian data-data transaksi yang ada pada sebuah sistem informasi.

Contoh Kasus Sistem Pendukung keputusan :

penyusunan anggaran pembelian kertas dalam sebuah perusahaan dengan parameter jenis kertas, ukuran kertas, jumlah kertas yang tercetak dalam 1 periode anggaran ?
kertas merupakan bagian dari ATK (Alat Tulis Kantor) yang harus di anggarkan dalam sebuah perusahaan pada setiap periode anggaran ? apa yang bisa dijadikan faktor pendukung untuk mengetahui kebutuhan kertas perusahaan ?
kertas berhubungan dengan mesin pencetak dokumen printer .pada dasarnya printer merupakan alat pencetak dokumen.Printer diciptakan sebagai alat cetak cerdas dalam arti, printer dapat mengetahui jumlah halaman  dan jenis kertas yang dicetak tetapi, masih dalam bentuk informasi yang ditampilkan hanya sementara atau temporary ketika printer tesebut digunakan untuk mencetak dokumen baru maka, informasi  tadi akan hilang digantikan informasi dokomen yang  dicetak saat ini.


Printer sendiri dilengkapi dengan driver printer yang dapat ambil informasinya dan simpan dalam sebuah database. Database digunakan sebagai media penampung data-data hasil jumlah kertas yang tercetak oleh printer-printer dalam jaringan LAN sehingga, setiap printer selesai mencetak kertas maka, data informasi akan disimpan dalam database. Data  informasi  pada saat printer melakukan pencetakan dokumen  meliputi jenis kertas, jumlah kertas tercetak, nama komputer, dan tanggal pencetakan dokumen.

Dengan adanya informasi, data kertas yang tercetak oleh printer- printer yang tersimpan dalam database maka diharapkan ketika pada awal pembuatan anggaran ATK "alat tulis kantot", ada bukti data yang akurat kebutuhan kertas cetak pada perusahaan tersebut. Sistem informasi penghitung kertas cetak printer dapat digunakan sebagai faktor pendukung keputusan pembuatan anggaran ATK  sehingga, dana pembelian kertas cetak tidak dapat dikorupsi atau mark-up anggaran sebab ada dasar pendukung yang akurat.

pendukung keputusan dapat dijadikan dasar dan tolak ukur berdasarkan data-data yang telah ada sehingga para pengambil keputusan dapat membuat keputusan yang tepat,efektif, akurat berdasarkan data sumber yang falid dengan mengunakan teknologi komputer.
Penerapan DSS decission support system mampu untuk mencegah penyelewengan-penyelewengan anggaran yang akan dianggarkan tetapi belum ada dasar atau tolak ukur nya salah satu contoh penelitian kecil anggaran pembelian kertas perusahaan.
Dengan adanya pengetahuan sistem pendukung keputusan mungkin kejadian seperti import daging sapi yang merugikan para peternak sapi dapat dicegah karena ada dasar untuk pengambilan keputusan untuk dijadikan acuan, atau kebijakan import kertas sehingga kebijakan yang diberikan efektif

Artikel Sumber
Sistem cerdas Penghitung Jumlah Kertas yang tercetak Oleh Printer
by penulis, 2010
Bersambung

No comments: