-->

Saturday, September 20, 2014

Cara Memanfaatkan Monitor Query Database



Artikel ini berawal dari percakapan sederhana dengan teman sore kemarin.  Saya meyampaikan permintaan tool SQL  Query Monitor. Sahabat menjawab, digunakan untuk apa "SQL Query Monitor" ? rupanya sahabat saya ini belum pernah memanfaatkan tool manajemen database Query Monitor. Pemahaman yang ditangkap fasilitas eksekusi Query sripct tetapi bukan itu yang saya maksud  maka, tulisan Penjelasan manfaat Query monitor pada manajemen database administrator saya anggap penting.

SQL monitor merupakan suatu cara yang lazim digunakan untuk melihat log dari semua aktifitas operasi database query yang dilakukan oleh user. Log query dalam SQL monitor bersifat Read only SQLdan real time. Biasaya, bersifat historical berdasarkan waktu. Pada dasarnya SQL monitor dilakukan untuk capture perintah SQL yang sedang  / telah dieksekusi  oleh sistem. Proses monitoring query merupakan bagian dari proses dari aktifitas pekerjaan database administrator dalam hal pengawasan dalam database. 

Pada awal-awal belajar administasi database Monitor Query  ini saya gunakan untuk memahami alur sistem yang telah berjalan pada sebuah perusahaan. Cara ini saya anggap lebih efektif untuk mengetahui proses transaksi yang banyak melibatkan tabel, eksekusi trigger maupun stored procedure.
 
Sampai saat ini Proses monitoring Query ini biasa saya lakukan sebagai cara cepat menghadapi complain user jika terjadi masalah pada sistem database dengan cara mengetahui Error SQL baik itu disebabkan eksekusi stored procedure, trigger,akses data view maupun aktifitas error yang terjadi pada saat ekseskusi data transaksi SQL dengan hasil capture SQL diakiri Rollback maupun Retain. Cara ini merupakan cara super cepat untuk menangani complain database perusahaan mengingat user yang memakai lebih dari 1000.

Dengan memanfaatkan fasilitas Monitor Query ini biasa saya lakukan untuk manajemen komplain data  dari user sebenarnya masih banyak hal yang dapat  dimanfaatkan dari capture query ini dalam administrasi data setidaknya 2 manfaat dari beberapa manfaat SQL monitor  diatas dapat memberikan sedikit pemahaaman bagi yang sedang belajar tentang database query itu perlu akan tetapi manajemen query itu lebih penting ketika sebuah database sudah berjalan untuk pemeliharaan data. 

SQL monitor ini berbeda dengan SQL performance monitor yang digunakan sebagai suatu cara untuk memeriksa kinerja dari SQL abik dari sisi kecepatan eksekusi yang dijalankan maupun dari segi beban memori yang digunakan untuk eksekusi SQL. Berhubung waktu terbatas maka, SQL performance akan saya lanjutkan pada tulisan berikutnya.

No comments: