-->

Thursday, September 25, 2014

Fungsi Hak Akses User Database



Beberapa fungsi dari pemberian hak akses dalam database

Pentingnya manajemen hak akses dalam sebuah sistem database. Mengapa hak akses pengguna (user Privileges) dibutuhkan ? Pada dasarnya data-data yang tersimpan dalam database merupakan sumber dari informasi berharga maka, hanya orang-orang tertentu yang diizinkan membuat,melihat, merubah, maupun menghapus data dalam sebuah database. Izin hak akses database biasa dilakukan seorang Database Administrator (DBA) sebagai hal preventif  menjaga keamanan data pada database. Selain sebagai security database hak akses user digunakan untuk memberikan batasan fasilitas kepada setiap user yang berhubungan langsung dengan database. Ada 5 hal yang paling dasar pekerjaan  DBA memberikan wewenang  kepada User account terhadap database:


  1. Membatasi User  akses data table baik untuk melihat struktur table melihat data maupun melakukan operasi manipulasi data seperti Insert, Update, Delete data
  2. Membatasi user akses view database baik melihat, maupun merubauh struktur view
  3. Membatasi user akses strored procedure baik execute dan merubah struktur  SQL didalam stored procedure tersebut.
  4. Membatasi Host akses yang digunakan user baik local host(127.0.0.1), user akses dalam jaringan LAN dan Remot IP Public.
  5. Memberikan timer user akses database pada saat jam kerja saja misalnya diluar jam kerja user tidak dapat melakukan akses database.
  6. Memberikan otoritas user untuk create tabel, view function, stored procedure , trigger

Ada 2 cara untuk memberikan hak akses pada user account pada database Server
  1. Melalui  perintah SQL : Contoh cara membuat Privileges User pada table database dengan perintah SQL
  2. GRANT DELETE, INSERT, REFERENCES, SELECT, UPDATEON MEDIA  TO  ROOT  WITHGRANT OPTION;
  3. Melalui perintah DML atau fasilitas tool GUI database
    Meskipun pemberian user acoount memberikan manfaat akan tetapi, juga dapat memberikan dampak buruk bagi security data dikemudian hari yang diakibatkan oleh oknum user yang melanggar ketentuan dan berpotensi merusak beberapa bagian dari sistem database. Lalu bagaimana trik mengamankan data  jika seorang user account berpotensi merusak database sedikitnya ada 3 suplement tool tambahan diantaranya :
  1. Fasilitas Tool database seperti backup dan restore data
  2.  Sistem operasi bisa memanfaatkan fasilitas firewall,
  3.  Antivirus internet security switch
Pemberian fasilitas hak akses kepada user database merupakan bagian dari administrasi dalam DBA, . Semua database pasti memiliki user privileges baik mysql, MS SQL Server, maupun Oracle
 semoga dengan sedikit tutorial ini dapat bermanfaat khususnya yang baru belajar manajement user Privileges

No comments: