-->

Thursday, September 18, 2014

Definisi Sistem Pakar

Sistem Pakar

proses kerja sebuah sistem pakar
source image nanotech-now.com
Mengetahui Transformasi pengetahuan manusia kedalam komputer melalui  pengenalan sistem pakar. Apa yang dimaksud dengan sistem pakar ? secara sederhana  definisi sistem pakar “expert system” merupakan suatu metode melatih komputer menjadi cerdas  layaknya seorang pakar atau ahli  dalam pengetahuan tertentu sebagai solusi menyelesaikan masalah,  yang membutuhkan suatu kepakaran seseorang  yang tidak dapat diselesaikan oleh orang awam. Sistem pakar merupakan suatu cabang dari kecerdasan buatan “Artificial Intelligence”(AI). 

Bagaimana cara menjadikan komputer Cerdas ? kecerdasan komputer ditambahkan melalui proses pemindahan pengetahuan yang dimiliki pakar kedalam sisstem komputer. Kecerdasan komputer dalam sebuah sistem pakar dibatasi dengan aturan sebagai suatu cara penarikan kesimpulan. Sistem pakar dapat dikatakan berhasil ketika sistem mampu mengambil keputusan seperti yang dilakukan oleh ahli dari segi proses pengambilan keputusan maupun hasil analisa keputusan yang diperoleh sistem. Sistem pakar memiliki 2 komponen penting yaitu: Basis pengetahuan dan mesin inferensi. 

Basis pengetahuan sebagai media penyimpanan pengetahuan yang diambil dari pengetahuan pakar yang diletakkan pada memori komputer. Sumber pengetahuan kepakaran dapat diperoleh dari hasil wawancara dari seorang pakar, observasi , knowledge engineer, buku, jurnal,artikel. Data pengetahuan pakar dibuat untuk  menarik kesimpulan solusi pemecahan masalah bagi penguna berdasarkan aturan (rule) yang telah dibuat dalam sistem.

 Proses akuisisi sumber pengetahuan sistem pakar dapat dilakukan dengan cara menggunakan  decission tree. Metode decission tree merupakan semantic network diikat oleh serangkaian  rule. Tree dibentuk node sebagai cara mempresentasikan tujuan. Sedikitnya ada 2 metode tree yang populer digunakan oleh expert system  yaitu : foward chaining dan backwardchaining. Penjelasan kedua metode ini  telah saya ulas dalam artikel sebelumnya. 

Seperti penjelasan diatas, sistem pakar memiliki beberapa metode representasi pengetahuan. Jika pengetahuan berupa pengetahuan bersifat deklaratif, maka metode reprentasi pengetahuan yang cocok menggunakan  jaringan semantik (Semantic Network), frame dan logika predikat. Jika pengetahuan bersifat prosedural yang merepresentasikan aksi maka cocok menggunakan metode kaidah produksi. Ada 3 karakteristik metode representasi pengetahuan diantaranya:
  1. Sebuah sistem pakar Harus bisa diprogram menggunakan bahasa pemrograman
  2. Sistem pakar Dirancang berdasarkan rule sehingga dapat digunakan sebagai penelaran.
  3. Model representasi pengetahuan merupakan suatu struktur data yang dapat dimanipulasi oleh mesin inferensi dan pencarian sebagai metode pencocokan pola. 
Dengan ringkasan pembahasan sistem pakar ini semoga memberikan manfaat bagi yang belajar sistem pakar untuk contoh sistem pakar dan pembahasan inference engine silahkan buka artikel  berikut

1 comment:

Akbar Firdiansyah said...

Great post sob.

Sistem Pakar bisa jadi solusi yang sangat berguna dibidang yang masih minim jumlah pakarnya.

Ngomong-ngomong, untuk data mining saya pernah buat daftar tools data mining, mungkin berguna :

http://walkfront.com/data-mining/10-popular-free-open-source-data-mining-software/