-->

Friday, May 30, 2014

Rekayasa Perangkat Lunak Sofware Engineering

Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa perangkat lunak merupakan disiplin ilmu komputer yang menggunakan konsep dan prinsip rekayasa yang bertujuan menghasilkan sebuah produk perangkat lunak yang bernilai ekonomi. Bekerja secara efisien karena menggunakan mesin(PC,notebook,mobile device ) yang mengubah dari cara kerja manual ke otomatis. 
Rekayasa perangkat lunak lebih fokus pada bagaimana cara membangun sebuah perangkat lunak yang memenuhi kriteria (sesuai kebutuhan user) dari segi (1).maintainability yang meliputi pengembangan jika terjadi update teknologi, perbaikan bug, (2). Dependability dan Robus meliputi sistem dapat diandalkan dalam proses bisnis yang dijalankan maupun terhadap perubahan sistem yang terjadi, (3). Usability dapat dijalankan sesuai kebutuhan. 

Pekerjaan Sofware Engineering

Sofware Engineering dapat dipilah kedalam 3 bagian umum tanpa melihat skala, kompleksitas perangkat lunak yang dibangun

(1). Mencari tahu apa yang diinginkan konsumen”user” mencari informasi yang terkait dengan sistem yang akan dibangun berupa 3 variabel yaitu input berkaitan apa yang akan diinput oleh user kedalam sistem, prosess : berkaitan pemrosesan data yang telah diinput , output : berkaitan dengan hasil keluaran dari sistem yang dikehendaki oleh user (Report,List,Grafik) yang dapat digunakan sebagai acuan kontrol maupun pendukung keputusan dalam sebuah organisasi bisnis.
(2). Bagaimana Cara membangun yang melibatkan fungsi-fungsi yang dibutuhkan secara detail agar sistem yang dibangun bisa sesuai dengan kebutuhan user yang meliputi Desain User Interface, menuangkan kedalam bahasa pemrograman, pengujian sistem, implementasi sistem.
(3). Suport sistem yang fokus pada perbaikan kesalahan error dan perbaikan terhadap kebutuhan sistem yang telah dijalankan yang meliputi(Koreksi,adaptasi,perbaikan,pencegahan) sehingga sistem dapat berjalan sesuai dengan harapan

1 comment:

Anonymous said...

Like